A.
Pengertian
Administrasi Pendidikan
Depdiknas RI Administrasi pendidikan adalah suatu proses kseleruhan kegiatan
bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan
,pengorganisasian ,pengarahan ,pengkoorcdinasiaan,pengawasan,pembiyaan dan
pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersdia ,baik
oersonal ,material maupun sepritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara
efesien dan efektif.
Sedangkan menurut pendapat para ahli yang lainnya Adminitrasi pendidikan adalah
suatu cara bekerja dengan orang –orang dalam rangka usaha mencapai tujuan
pendidikan yang efektif ,yang berarti mendatangkan hasil yang baik dan tepat
,sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan.atau administrasi
pendidikan adalah semua kegiatan sekolah yang meliputi usaha-usaha besar
seperti perumusan polis,pengarahan usaha ,koordinasi,konsultasi
,korespondensi,control dan seterusnya ,sampai kepada usaha-usaha kecil dan
sederhana seperti menjaga sekolah ,menyapu halaman dan lain sebagainya .
Dengan beberapa pengertian tersebut di atas ,mka perlu ditegaskan disini
sebagai berikut;
a.
Bahwa seluruh administrasi pendidikan
itu merupakan proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus
dilakukan oleh semua pihak yang ada sangkut pautnya dengan tugas-tugas
pendidikan.
b.
Bahwa administrasi pendidikan itu
mencakup kegiatan-kegiatan yang luas yang meliputi kegiatan perencanaan
,pengorganisasian,pengarahan dan pengawasan ,khususnya dalam bidang pendidikan
yang diselenggarakan di sekolah-sekolah.
c.
Bahwa administrasi pendidikan itu bukan
hanya sekedar kegiatan tata usaha seperti dilakukan di kantor-kantor ,inspeksi
pendidikan lainnya.
C. Dasar administrasi.
Adapun dasar administrasi adalah sebagai berikut;
a. Efesiensi,seorang administrasi akan berhasil dalam tugasnya bilamana dia
efesien dalam menggunakansemua sumber tenaga dana dan
fasilitas yang ada.
b.
Prinsip pengelolaan,administrator akan memperoleh yang paling efektif dan
efesien melalui orang lain dengan jalan melakukan pekerjaan menejemen yakni
merencanakan ,mengorganisasikan,mengarahkan dan mengontrol.
c. Prinsip mengutamakan tugas pengelolaan,maksudnya adalah sebagai petugas seorang
administrator harus mengutamakan tugas pokonya ketimbang tugas lain yang
sifatnya penunjang.
d.
Prinsip kepemimpinan yang efektif yakni memperhatikan
dimensi-dimensi hubungan antar manusia (human relationship)
,dimensi pelaksanaan tugas dan dimensi situasi(sikon) yang ada.
e. Prinsip kerja sama,seorang administrator akan berhasil baik dalam tugasnya bila
ia mampu mengemban kerja sama di antara orang-orang yang terlibat, baik secara
horixontal maupun secara vertical.
D.
Tujuan Administrasi Pendidikan
Tujuan administrasi pendidikan adalah agar semua kegiatan yang mendukung
tercapainya tujuan pendidikan. Kemudian menurut Sergiovani dan Carver
adalah efektivitas produksi,efesien,kemampuan menyesuaikan diri,dan kepuasan
kerja.
Sedangkan tujuan administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan di
sekolah juga bersumber dari tujuan pendidikan Nasional yang digariskan dalam
GBHN adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa,mempertinggi budi
pekerti,atau memiliki kepribadian mempertebal semangat kebangsaan agar menjadi
manusia pembangunan ,memiliki kecerdasan serta terampil.
E.
Bidang Garapan administrasi.
a. Administrasi tata laksana sekolah yang meliputi;
1.Organisasi
dan Struktur
2.Otorisasi
dan anggaran
3.Kepegawaian
4.Perlengkapan
dan perbekalan
5.Keuangan
dan pembukuan
6.Korespondensi/surat
menyurat
7.Laporan
8.Pengangkatan,penempatan
dan pemindahan serta pemberhentian
9.Pengisian
buku pokok (induk) raport dsb.
b. Administrasi personal guru dan pegawai sekolah melipuiti;
1. Pengangkatan dan penempatan guru
2. Organisasi personal guru
3. Masalah kepegawaian dan
kesejahteraan guru
4. Rencana orientasi bagi tenaga
guru baru
5. kondiute dan penilaian kemajuan
guru
6. Inserrvise training dan
up-grading guru.
c.
Administrasi murid melipuiti;
1. Organisasi dan perkumpulan murid
2. Masalah kesehatan dan kesejahteraan murid
3. penilaian dan pengukuran murid
4. Bimbingan dan penyuluhan.
d.
Supervisi Pengajaran meliputi;
1. Usaha membangkitkan dan merangsang semangat guru
2. Usaha mengembanngkan,mencari dan menggunakan metode baru
3. Mengusahakan cara-cara menilai hasil pendidikan dan pengajaran
4. Usaha mempertinggi mutu dan pengalaman guru.
e.Pelaksanaan
dan pembinaan kurikulum meliputi;
1. Mempedomani dan merealisasikan apa yang tercantum dalam kurikulum
2. Menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum beserta materi,sumber
Dan metode.
3. Menuruti atau megikuti kurikulum yang sudah ada juga berhak atau boleh
Memilih atau menambah materi atau metode yang sesuai dengan
kebutuhan.
f.
Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah meliputi;
1. cara memilih letak dan menentukan luas tanah
yang dibutuhkan
2. Mengusahakan merencanakan dan menggunakan
pendirian gedung sekolah
3. Menentukan jumlah dan luas ruangan
kelas,kantor,asrama ,lapangan olah Raga halaman sekolah dll.
4. Cara penggunaan sarana dan prasarana serta
pemeliharaannya dan lain2.
g. Hubungan masyarakat meliputi;
Hal ini hubungan antara
sekolah dengan sekolah ,pemerintah/instransi yang Terkait,dan hubungan
masyarakat pada umumnya.
F.
Fungsi fungsi Administrasi Pendidikan
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang fungsi
administrasi pendidikan adalah sebagai berikut;’
1.Perencanaan.
Setiap program ataupun konsepsi memerlukan perencanaan terlebih dahu sebelum
melaksanakan.Perencanaan adalah cara menghampiri masalah.Dalam penghampiran
masalah itu si perencana berbuat merumuskan apa saja yang harus dikerjakan dan
bagaimana mengerjakannya.
Perencanaan merupakan sarat mutlak bagi kegiatan administrasi,tanpa perencanaan
suatu kegiatan akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan dalam mencapai
tujuan yang diinginkan .
Didalam kegiatan perencanaan ada dua factor yang harus diperhatikan ,yaitu
factor tujuan dan factor sarana ,baik sarana personal maupun sarana
material.
Sedangkan langkah-langkah dalam perencanaan meliputi;
a. Menentukan
dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai.
b.
Meneliti masalah –masalah atau pekerjaan-pekerjaanyang akan dilakukan
c. Mengumpulkan
data-data dan informasi yang diperlukan.
d.
Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan.
e. Merumuskan
bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan dan bagaimana pekerjaan-pekerjaan
itu akan diselesaikan.
Syarat-syarat perencanaan adalah sebagai berikut;
a.
Perencanaan harus didasarkan atas tujuan yang jelas.
b.
Bersifat sederhana ,realitas dan jelas.
c.
Terinci memuat segala uraian serta klasifikasi kegiatan dan rangkaian tindakan
sehingga mudah dipedomani dan dijalankan.
d.
Memilki fleksibelitas sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi
dan kondisi sewaktu-waktu.
e.
Terdapat pertimbangan antara bermacam-macam bidang akan digarap dalam
perencanaan itu .Menurut urgensi masing-masing.
f. Diusahakan
adanya penghematan tenaga,biaya,dan waktu serta kemungkinan penggunaan sumber
daya dan dana yang tersedia dengan sebaik-baiknya,
g.
Diusahakan agar sedapat mungkin tidak terjadi adanya duplikasi pelaksanaan.
Dengan
kata lain perencanaan dapat berarti pula memikirkan tentang penghematan
tenaga,biaya dan waktu,juga membatasi kesalahan –kesalahan yang mungkin terjadi
dan menghindari adanya duplikasi-duplikasi atau tugas-tugas /pekerjaan rangkap
yang dapat menghambat jalan penyelesaiannya.
2.
Pengorganisasian.
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan
kerja antara orang-orang sehingga terwujudnya suatu kesatuan usaha dalam
mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Pengorganisasian sebagai fungsi adminiatrsi pendidikan menjadi tugas utama bagi
para pemimpin pendidikan termasuk kepala sekolah,terutama dalam kegiatan
sehari-hari di sekolah terdapat berbagai macam pekerjaan yang memerlukan
kecakapan dan ketrampilan dan tanggung jawab yang berbeda-beda.
Kemudian yang perlu diperhatikan dalam pengorganisasian antara lain ialah
pembagian tugas,wewenang dan tanggung jawab ,hendaknya disesuaikan dengan
pengalaman,bakat,minat,pengetahuan dan kepribadian masing-masing orang-orang
yang diperlukan dalam menjalankan tugas.
Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack - TJ Hub
BalasHapusHarrah's Philadelphia 광양 출장마사지 Casino 광주 출장샵 & Racetrack is located in the heart of the 화성 출장안마 Philly area. Experience 당진 출장마사지 world class service, superb dining, 순천 출장샵 lively casino gaming,